Asam Manis Buah Gandaria - AnakDolan.com

Senin, 21 Mei 2018

Asam Manis Buah Gandaria

Kenal dengan buah gandaria? Saya baru kali ini melihat dan merasakan asam manisnya buah ini, Bulam maret saya melakuan perjalanan menuju kota Ambon dan kebetual bulan ini masuk musim berbuah tumbuhan tersebut.



gandaria. Nama ilmiah tanaman ini adalah Bouea macrophylla. Gandaria hidup di dataran rendah 0 – 500 m dpl. Ia adalah tumbuhan yang menyukai banyak air. Buah ini berasal di daerah-daerah Asia Tenggara, sekarang menyebar ke pulau-pulau di sebelah timurnya dan juga sampai ke India.Di Indonesia, gandaria memiliki persebaran yang sempit. Yakni di Pulau Sumatera, sebagian Jawa, Maluku, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara, dan Papua. Ia tumbuh di hutan-hutan, atau ditanam di desa-desa sebagai tanaman buah.


Pohon ramania atau gandaria yang berbunga dan berbuah di akhir musim kemarau, kemudian mulai matang di musim penghujan. Peralihan fungsi lahan dari kebun menjadi perumahan menjadikan populasi tanaman ini semakin berkurang. Apalagi regenerasinya jarang dilakukan. Pengalaman waktu saya masih anak-anak, saat musim buah gandaria adalah saat yang menyenangkan. Saya bersama kawan-kawan pergi ke kebun gandaria untuk menikmati buah ini langsung dari pohonnya. Biasanya pohon gandaria relatif mudah untuk dipanjat. Cabang-cabang dan dahannya banyak serta kuat. Pohonnya selalu rindang karena daunnya lebat dan hijau, sejuk rasanya bila duduk di dahannya. Posisinya biasanya mendatar (membentuk sudut 90 derajat) dengan batang utama.

Untuk kesehatan buah ini mengandung banyak sekali vitamin C. Jadi bagus sekali untuk dikonsumsi. Setiap 100 gram buah terkandung 100 mg vitamin C. Selain itu juga terkandung beta karoten 23 mg (yang bagus untuk mata), kalsium, fosfat, zat besi, serat,tiamin, dan riboflavin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar