Nikmatnya secangkir kopi dengan cerita nya. - AnakDolan.com

Rabu, 18 April 2018

Nikmatnya secangkir kopi dengan cerita nya.

Tradisi minum kopi sekarang bukan saja disukai oleh orang tua saja, anak-anak muda rupanya mulai memasukkan tradisi “ngopi” ini dalam aktivitas favoritnya.
.

Sebagai penikmat atau pecinta kopi, jika kita membaca sejarah panjang si hitam ini, mulai dari masuknya ke Indonesia hingga saat ini, maka kita akan menemukan sebuah cerita panjang tentang kesedihan dan kesengsaraan yang dialami para petani kopi pada masa penjajahan Belanda. Namun, dibalik penderitaan itu, Indonesia kemudian dikenal sebagai salah satu penghasil biji kopi terbaik di dunia.
.
Selain perbedaan jenis kopi yang tumbuh di suatu daerah, perbedaan kopi nikmat juga bisa terjadi karena perjalanan panjang sejarah dan budaya di suatu tempat. Tingginya harga kopi bagi masyarakat kelas bawah di beberapa daerah di Indonesia menyebabkan mereka harus menyiasati cara minum kopi mereka. Biji kopi digabung dengan beras atau jagung saat disangrai, menjadikan persediaan kopi mereka ‘lebih banyak’ dari biji kopi yang tadinya mereka beli. Seiring perjalanan waktu, kopi campur itu bukan lagi suatu keterpaksaan bagi mereka, namun berubah menjadi sebuah kenikmatan dalam ritual minum kopi.



.
Perjalanan panjang kopi semakin menarik dan terkadang rumit untuk dipahami. Secara sederhana, meminum secangkir kopi nikmat telah menjelma menjadi sebuah kebudayaan di berbagai penjuru dunia. Secara kompleks, sebagian kalangan bahkan menyebut kopi sebagai sebuah sains atau ilmu pengetahuan. jadi sudah ngopi berapa gelas hari ini? . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar