Cidomo atau Ojek Dokar: Transportasi Ramah Lingkungan di Gili Trawangan. - AnakDolan.com

Rabu, 16 Desember 2015

Cidomo atau Ojek Dokar: Transportasi Ramah Lingkungan di Gili Trawangan.

Random trip . Selamat siang semoga masih bahagia, kali ini saya lagi di gili trawangan lombok.
kali ini saya akan sedikit bercerita tentang transportasi di Gili Trawangan, ada yang unik di Pulau ini  "Cidomo" atau bisa disebut Delman. Cidomo adalah salah satu transportasi yang paling di boleh kan dan salah satu yang wajib menjadi transportasi di gili trawangan. Namun...?




Ada dua jenis alat transportasi yang bisa digunakan di Gili Trawangan yaitu Cidomo (Delman) dan sepeda.

Apabila Anda berencana untuk mengelilingi Gili Trawangan, maka bisa menggunakan Cidomo dengan tarif Rp 125.000 dan maksimal diisi oleh 3 orang penumpang. Hal tersebut sudah merupakan aturan yang sudah disepakati disana, padahal menurut saya Cidomo tersebut bisa diisi sampai dengan 5 orang. Ya, itulah strategi mereka mencari penghasilan, mari kita dukung saja. Selain digunakan untuk mengelilingi pulau, Cidomo juga menjadi alat transportasi untuk mengantar penumpang dari satu tempat ke tempat lainnya dan lagi-lagi tarif (ongkosnya) sudah ditentukan (kayaknya hukum penawaran ga berlaku disini). Bagi para turis asing (bule) harganya mungkin masih terjangkau, tapi bagi kita orang Indonesia harga tersebut masih tergolong mahal. Kalau saya lebih memilih pola hemat dan sehat alias jalan kaki aja mengelilingi pulau.

Nah, Tergantung anda sudah pernah naik cidomo? Jika belum ada baiknya anda mencobanya. Cidomo adalah kependekan dari Cikar Dokar dan Motor. Seperti delman pada umumnya, cidomo ditarik dengan menggunakan tenaga kuda. Beberapa tempat wisata tradisional masih menggunakan cidomo seperti di Gili Trawangan Lombok. Cidomo bisa dicarter untuk diajak mengelilingi pantai indah ini. Namun, belakangan ada wacana bahwa penggunaan cidomo akan dibatasi bahkan dihilangkan karena dianggap menghasilkan polusi (kotoran hewan) dan tidak manusiawi karena memperkerjakan kuda. Tidak hanya sebagai trasportasi penghantar manusia Cidomo juga sebagai transportasi masuknyanya barang kebutuhan yang di ambil dari kapal-kapal pembawa barang dari Lombok. Pemerintah setempat berencana mengganti cidomo dengan golf car. Golf car dipandang cukup efisien dan tidak menghasilkan polusi. Ya, di Lombok memang ada beberapa destinasi wisata yang tidak memperbolehkan beroperasinya kendaraan bermotor karena khawatir akan mengurangi kesejukan udara karena polusi. Beberapa destinasi wisata yang tidak memperbolehkan kehadiran kendaraan bermotor selain pantai Senggigi adalah Gili Trawangan termasuk Gili Meno dan Gili Air. Saat cidomo masih sering digunakan, Anda hanya membayar Rp. 75 ribu untuk mengelilingi Gili Trawangan yang berjarak 6 kilometer.

Nah!! bagaimana dengan anda? mau pilih naik cidomo atau jalan kaki. hehe Apapun perjalanan Anda selalu jaga kebersihan dan lingkungan di sekitar yah. by anakdolan,...!! ayoooDolan!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar