Pulau Hatta, Pulau kecil yang indah Sang Proklamator Indonesia - AnakDolan.com

Rabu, 10 Juni 2020

Pulau Hatta, Pulau kecil yang indah Sang Proklamator Indonesia



Kalau berkunjung ke Pulau Banda jangan lupa sempatkan hati kamu berkunjung di palau sang Proklamator ini. YA Pulau Hatta merupakan sebuah pulau kecil yang terletak sekitar 25 kilometer dari Kepulauan Banda. Pulau Hatta adalah satu di antara enam pulau yang ada di Kepulauan Banda yaitu Pulau Naira, Pulau Gunung Api, Pulau Banda Besar, Pulau Ai, dan Pulau Rhun.Pulau ini sebelumnya bernama Pulau Rozengain dan diberi nama Hatta, karena dulu Wakil Presiden Indonesia yang kedua
 Mohammad Hatta pernah diasingkan di Banda Naira. Hal ini sebagai wujud penghormatan penduduk setempat pada sosok Bung Hatta yang dulu mengabdikan diri memberi pendidikan pada anak-anak di Banda Naira selama masa pengasingannya. 

Pulau ini merupakan salah satu pulau yang dijadikan destinasi wisata oleh pemerintah setempat dan masuk kedalam pulau untuk trip Sailing Banda Neira.  Secara administratif Pulau Hatta masuk kedalam kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Letak pulau ini ada 25 km di sebelah timur Kepulauan Banda.
Keindahan yang disuguhkan dipulau ini adalah pemandangan alam bawah laut, sunset dan pantainya yang bersih. Maka banyak yang bilang kalua pulau ini Destinasi Anti Mainstream, Surganya Para Penyelam

Wisatawan yang datang ke pulau ini umumnya menyelam melihat keindahan dan keberagaman biota laut yang ada disini. Keindahan lain yang ada dipulau ini adalah adat istiadat penduduk setempat yang masih terjaga.
Untuk menuju pulau Hatta kita bisa menggunakan perahu stabil bertutup dari Banda Neira (estimasi sekitar Rp300.000-600.000, kalua belum ada perubahan harga ya). Namun biasanya Perahu yang akan kita sewa akan terlebih dulu singgah di beberapa tempat, seperti Pulau Syahrir dan Karnofol sebelum akhirnya menuju pulau Hatta.

Kepulauan Hatta sendiri masih belum menjadi destinasi populer bagi turis lokal, namun justru sudah cukup dikenal oleh para turis dari Eropa. Pantai di Pulau Hatta ini terbilang yang paling unik karena terdapat palung laut yang dalam di dekat pesisir pantainya. Jadi, kamu bisa melihat palung laut tak jauh dari tempatmu berdiri di pantai.
Nah buat kalian yang mau sailing Banda jangan lupa mampir kepulau ini. Menikmati sunset setelah diving atau snorkling membuat tripmu ke daerah timur akan jauh lebih berkesan. Oh ya satu lagi, bila berkunjung kepulau ini jangan lupa bawa buku bacaan buat adek-adek yang tinggal dipulau kecil ini.


2020 @ www.anakdolan.com Bangga Mencintai Negeri ini INDONESIA. Dan Buanglah Sampah pada tempatnya!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar