Serba-serbi Proses Pengolahan Ikan Asin di Utara Jakarta - AnakDolan.com

Rabu, 29 Januari 2020

Serba-serbi Proses Pengolahan Ikan Asin di Utara Jakarta


Bau amis mulai menyergap dan menyengat  dan tak jauh dari sana dijumpai tulang-tulang ikan besar dijemur di tepi jalan. Agak masuk ke dalam gang kecil para pembuat ikan asin sibuk mengolah ikan yang sedang dijemur, seperti memisahkan kepala hingga mensortir sesuai ukuran. Ya kali ini saya berada di Pengolahan ikan asin Muara Angke, Ada puluhan pembuat ikan di sini sepertinya.

Dalam sehari industry ini bisa mengolah ikan asin hampir mencapai lima ton dengan bahan baku 10 ton garam yang mampu bertahan selama 15 hari.
Pengolahan ikan asin Muara Angke, adalah salah satu Kawasan penghasil ikan asin atau ikan kering terbesar di Jakarta. Sentral industri pengolahan ikan asin tersebut berada di blok pengasinan muara angke di kelurahan kapuk, kecamatan penjaringan ,Jakarta utara
Muara angke adalah sebuah perkampungan nelayan yang sangat ramai dan juga sebagai salah satu yang terbesar di wilayah ibukota. Industry ini bahkan memasok sebagaian besar kebutuhan ikan bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya.
Selain keberadaan nelayan tradisional, muara angke juga menjadi tempat pemasaran ikan dari berbagai daerah di pulau jawa.
Saat memasuki area ini kalian akan langsung melihat aktivitas warga yang sedang mengolah atau membelah ikan dan juga para pekerja yang sedang melakukan proses pengeringan ikan asin dengan menjemur di bawah terik matahari.
Saban musim di kawasan Muara Angke selalu mengalami kendala terkena imbasnya, air laut naik menggenangi sejumlah ruas jalan sehingga mobilitas pengendara dan pengguna jalan agak terganggu.
Hampir setiap hari kawasan Muara Angke sibuk oleh bongkar muat tangkapan nelayan di pelabuhan hingga sentra penjualan ikan. Selain pengolahan ikan asin, Muara Angke adalah sentra pasar ikan tangkap tradisional Di sini banyak restoran yang menjual jasa membakar atau memasak ikan, sementara pelancong atau wisatawan harus membeli ikannya di pasar ikan tak jauh dari sana.



www.anakdolan.com Bangga Mencintai Negeri ini INDONESIA. Dan Buanglah Sampah pada tempatnya! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar