Hari Peduli Sampah. Sudah Berbuat Apa Hari Ini?. - AnakDolan.com

Kamis, 21 Februari 2019

Hari Peduli Sampah. Sudah Berbuat Apa Hari Ini?.


Tepat Hari ini  21 Februari Menjadi hari Peduli Sampah Nasional. Sampah menjadi persoalan yang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Setiap hari tak henti sampah memenuhi muka bumi ini. Bahkan, warga Jakarta saja dalam satu hari warganya bisa menghasilkan sampah plastik seluas tujuh lapangan bola.(perkiraan) Apa lagi sekarang Pariwisata berkembang, Solusi sampah belum terpecahkan. Masih ingat ya Indonesia merupakan produsen sampah plastik terbesar dunia no 2 setelah Cina. Dalam setahun, produksi sampah plastik Indonesia mencapai 3,22 juta ton. Salah satu penyebab menumpuknya sampah Indonesia ditengarai akibat kurang sadarnya masyarakat dengan bahayanya sampah dan tata kelola yang minim. Lebih dari separuh sampah plastik hanya berakhir tertimbun di Tempah Pembuangan Akhir (TPA). Sementara jumlah sampah yang didaur ulang hanya 8 persen. Sisanya, limbah diolah dengan cara tidak ramah lingkungan, seperti dibakar dan di biarkan saja. "Indonesia tanpa sampah akan terwujud jika kita memiliki komitmen dan melakukan langkah sinergi berkelanjutan,"
.
Terkait masalah sampah di Indonesia, setidaknya ada 5 fakta yang harus kita ketahui.

1. Bali Deklarasi Darurat Sampah Pada November 2017 lalu, Bali mendeklarasikan "darurat sampah". Hal ini bermula dari protes sejumlah wisatawan dunia tentang kotornya Pantai Kuta. Deklarasi tersebut dilakukan para pejabat Bali di sepanjang 6 kilometer yang mencakup pantai Jimbaran, Kuta, dan Seminyak. Nyata di lakukan di Bali.

2. Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua Dunia Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebutkan, Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia yang dibuang ke laut. Ungkapan langsung dari mentri kelautan Ibu Susi Pudjiastuti.

3. Produk Penyumbang Sampah Terbanyak Dalam rangka memperingati World Clean-up Day yang berlangsung pada 15 September 2018, Greenpeace Indonesia melakukan audit sampah plastik di tiga pantai Indonesia. Tiga pantai tersebut adalah pantai Kuk Cituis (Tangerang), Pandansari (Yogyakarta), dan Mertasari (Bali). Hasilnya, mereka menemukan 10.594 sampah plastik bekas kemasan produk dengan 797 merek berbeda. Untuk rinciannya, ada 594 merek makanan dan minuman, 90 merek produk perawatan tubuh, 86 merek kebutuhan rumah tangga, serta limbah produk lain termasuk puntung rokok 27 merek.

4. Sampah Plastik Tewaskan Paus di Wakatobi Seekor paus sperma yang ditemukan dalam keadaan mati dan membusuk di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, pada Senin (19/11/2018) menggegerkan banyak pihak. Terlebih lagi, ketika ditemukan skitar 5,9 kg sampah plastik di dalam tubuh paus tersebut. Sontak membuat banyak orang berspekulasi tentang bagaimana mamalia laut yang berukuran 9,5 meter tersebut mati. Berita ini sempat viral di Indonesia.

5. Plastik Cemari Garam dan Ikan Pencemaran plastik di laut semakin mengkhawatirkan. Selain mencemari organisme laut, fenomena ini juga mengancam manusia. Studi terbaru menemukan kandungan mikroplastik pada garam dan ikan di Indonesia. Akibat nya kedepan nya kita akan susah mendapatkan makanan dengan menu ikan segar atau sehat.



Mari menjadi bagian dari solusi mengurangi sampah dengan menerapkan enam hal berikut ini :

1. Membawa tas belanja sendiri
2. Membawa botol air yang dapat digunakan lagi
3. Membawa tempat makan sendiri
4. Tidak menggunakan sendok dan garpu dan sedotan dari plastik
5. Tempatkan sisa makan dengan wadah kaca
6. Bagikan tips ini ke semua orang
.

Siap ya lurr!! Buat Peduli Sampah

2019 @ www.anakdolan.com Bangga Mencintai Negeri ini INDONESIA. Dan Buanglah Sampah pada tempatnya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar