Legenda di balik cantiknya Danau Situ Gunung, yang Jadi Tempat Persembunyian Buronan - AnakDolan.com

Senin, 29 Oktober 2018

Legenda di balik cantiknya Danau Situ Gunung, yang Jadi Tempat Persembunyian Buronan




Cantiknya Danau Situ Gunung di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sudah tersohor. Namun ternyata, ada kisah buronan dibalik cantiknya danau ini. Tepat masih di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tentu kamu tahu Situ Gunung tidak hanya terkenal dengan jembatan terpanjang nya tapi ada juga tempat yang keren yang tersembunyi disini. Danau Situ Gunung, Danau ini menyimpan sebuah legenda. Ada kisah yang cukup melegenda, Konon danau ini dibuat oleh seorang buronan penjajah pada saat Belanda berkuasa di tanah Indonesia.
.
Dikisahkan Mbah Jalun atau Rangga Jagad Syahadana, seorang bangsawan Mataram yang merupakan musuh Belanda, melarikan diri bersama istrinya dari kejaran penjajah. Pelarian dari Mataram menembus jalur Gunung Gede dan Gunung Pangrango dengan perjalanan penuh tantangan yang akhirnya membawa mereka sampai di sebuah lembah.Lembah yang dialiri air yang sangat jernih ini akhirnya dijadikan tempat persembunyian Mbah Jalun dan istrinya sampai mereka mempunyai seorang anak. Mbah Jalun kemudian membuat sebuah danau kecil sebagai wujud syukur atas kelahiran anaknya. Danau ini diberi nama Situ Gunung yang mempunyai arti danau yang ada di sebuah pegunungan.


Keindahan danau ini akhirnya menjadi terkenal, saat ini banyak Traveler atau Photographer menjadikan Situ Gunung sebagai objek pemotretan, ataupun dijadikan tempat piknik keluarga.


2018 @ www.anakdolan.com Jangan berhenti untuk Blusukan dan Bangga Mencintai Negeri ini INDONESIA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar