Candi Gedong Songo, Sejarah dan Misteri yang Dibalut dengan Pemandangan Alam yang Menakjubkan di Kota Semarang. - AnakDolan.com

Senin, 02 Juli 2018

Candi Gedong Songo, Sejarah dan Misteri yang Dibalut dengan Pemandangan Alam yang Menakjubkan di Kota Semarang.


Jawa Tengah memang menyimpan banyak sekali potensi-potensi wisata budaya. Selain banyaknya pilihan candi-candi sebagai warisan budaya yang tersebar di sini, Anda juga bisa menemukan beberpa candi unik yang berbeda dari daerah lain.

Di Kabupaten Semarang salah satunya, yang menyimpan gugusan candi unik. Candi Hindu yang pada umumnya terpusat, di Candi Gedong Songo anda harus perpetualang menelusuri bukit untuk menjangkau semua total candinya.

Belum lagi beberapa misteri yang belum terungkap, seperti jumlah total candi yang konon ada Sembilan, tetapi wisatawan kadang hanya bisa melihatnya hingga candi ke lima.

“Candi Gedong Songo ini dibangun pada jaman Mataram kuno oleh Raja Putera Sanjaya. Coraknya Hindu, karena banyak arca-arca yang mengarah kesana, seperti Lingga Yoni,”

Selain Lingga Yoni, di Candi Gedong Songo ini Anda bisa menemukan banyak arca Dewa-Dewa Hindu, diantaranya arca Syiwa Mahaguru, Syiwa Mahakala, Syiwa Mahadewa, Maharsi Agastya, Ganesha Durgamahesasuramardhani.

Sampai ke area Candi Gedong I, terlihat bangunan eksotis kecil ditengah altarnya yang luas. Mayoritas candi di sini memang memiliki altar yang luas. Konon fungsinga juga untuk peribadatan banyak orang.

Candi Gedong Songo belum diketahui kapan dibangunnya candi ini hingga sekarang, bahkan para arkeolog pun belum bisa memecahkan problem ini. Sehingga candi ini sampai sekarang masih sering dijadikan sebagai bahan penelitian di bidang arkeologi. Namun, ada beberapa yang berpendapat bahwa candi ini dibangun di masa pemerintahan dinasti Sanjaya Hindu di Jawa yaitu sekitar abad ke-8. Hal ini pun ditinjau dari segi bangunannya dan coraknya.







Nah! buat kau para traveler khusu nya traveler yang penikmat sejarah kamu tidak akan mati gaya bila jalan-jalan di jawa tengah. Kebudayaan Hindu yang pernah mencapai zaman keemasan begitu banyak meninggalkan jejak yang terawat sampai saat ini, jika boleh dibilang Jateng bisa disebut sebagai Negeri seribu candi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar