Mudik Jalur Selatan. Disambut 56 Pantai Cantik di Sepanjang Pansela - AnakDolan.com

Sabtu, 02 Juni 2018

Mudik Jalur Selatan. Disambut 56 Pantai Cantik di Sepanjang Pansela


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempromosikan jalur pantai selatan (pansela) Jawa menjadi jalur alternatif arus mudik menjelang tahun 2018 ini. Jalur pansela Jawa terbentang sepanjang 1.405 kilometer mulai dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sampai ke Jawa Tmur.

Jika pemudik berencana melakukan perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta, nantinya melintasi obyek wisata pantai yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY.

Inilah salah satu alasan Kementerian PUPR gencar menyosialisasikan para pemudik untuk menggunakan jalur pansela karena banyaknya obyek wisata di sana. Menurut data Kementerian PUPR, ada 13 obyek wisata pantai menarik yang bisa dikunjungi di sepanjang pansela Jawa Barat, yaitu Pantai Geopark dan Pantai Ujung Genteng di ruas jalan Surade, Kabupaten Sukabumi. Pantai Pulang Sawal atau dikenal sebagai Pantai Indrayanti terletak di kawasan pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY. Pantai Pulang Sawal atau dikenal sebagai Pantai Indrayanti terletak di kawasan pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY. Kemudian, ada Pantai Tegal Buleud di ruas jalan Tegal Buleud di kabupaten yang sama. Selanjutnya, pemudik bisa menikmati Pantai Arafa di ruas jalan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur. Masuk ke Kabupaten Cianjur, di ruas jalan Cilaki bisa ditemui Jembatan Cilaki yang merupakan jembatan penghubung dengan Kabupaten Garut. Berikutnya di Kabupaten Garut, ada Pantai Rancabuaya dan Pantai Guha di ruas jalan Rancabuaya, Cijayana; Pantai Cijayana di ruas jalan Cijayana; Pantai Sayang Heulang di ruas jalan Cialutereun; dan Pantai Santolo di ruas jalan Sp Cialutereun. Berlanjut ke Kabupaten Pangandaran, ada Pantai Mandasari di ruas jalan Kalapagenep, Pantai Batu Hiu di ruas jalan Pangandaran; dan Pantai Pangandaran yang berada di ruas jalan yang sama. Terakhir, terdapat Pantai Karangtawulan di sepanjang ruas jalan Cipatujah di Kabupaten Tasikmalaya. Masuk ke Provinsi Jawa Tengah, ada empat kabupaten yang menyajikan pemandangan pantai tidak kalah indahnya dari daerah lain.

Pantai Teluk Penyu Cilacap Pantai Teluk Penyu Cilacap Ada Pantai Teluk Penyu dan Pantai Nusakambangan di Kabupaten Cilacap, lalu di Kabupaten Kebumen tersuguh Pantai Menganti dan Pantai Bopong. Berikutnya ke Kabupaten Purworejo, pemudik bisa menikmati eloknya Pantai Jetis dan Pantai Jatimalang. Selanjutnya, di Kabupaten Wonogiri ada Pantai Nampu dan Waduk Gajahmungkur. Hingga akhirnya masuk ke Provinsi DIY, di sinilah obyek wisata terbanyak yang bisa ditemui, yaitu 36 pantai yang berada di wilayah tersebut. Untuk daftar lengkapnya sebagai berikut: Tiga pantai di Kabupaten Kulon Progo, yaitu Pantai Congot, Pantai Glagah, dan Pantai Trisik. Lalu di Kabupaten Bantul, keindahan tujuh pantai bisa dinikmati di sana, yakni Pantai Baru, Pantai Kuwaru, Pantai Goa Cemara, Pantai Samas, Pantai Depok, Pantai Parangkusumo, dan Pantai Parangtritis. Pantai Goa Cemara di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, Yogyakarta dipenuhi rimbun pohon cemara di kanan-kiri jalan dengan dahannya yang menjuntai saling bertemu membentuk gapura. Pantai Goa Cemara di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, Yogyakarta dipenuhi rimbun pohon cemara di kanan-kiri jalan dengan dahannya yang menjuntai saling bertemu membentuk gapura. Berikutnya, lokasi pantai yang paling banyak berada di Kabupaten Gunung Kidul, yaitu 26 pantai. Rinciannya yakni Pantai Kesirat, Pantai Gesing, Pantai Ngulen, Pantai Ngedan, Pantai Nguyahan, Pantai Ngobaran, Pantai Torohudan, Pantai Ngrawah, Pantai Baron, dan Pantai Kukup. Selain itu, ada Pantai Sepanjang, Pantai Watu Kodok, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Sadranan, Pantai Sundak, Pantai Indrayanti, Pantai Seruni, Pantai Jogan, Pantai Nglambor, Pantai Siung, Pantai Watulumbung, Pantai Wediombo, Pantai Greweng, Pantai Sedahan, dan Pantai Sadeng.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, promosi terhadap jalur pansela ini terus dilakukan antara lain karena banyak terdapat obyek wisata di sana. Para pemudik bisa menikmati moleknya pemandangan hamparan sawah, pegunungan, dan pantai sehingga sangat pantas untuk berfoto-foto dengan latar belakang yang menarik. “Kami promosikan supaya orang tertarik lewat selatan. Karena tidak hanya jalannya yang bagus, tetapi juga obyek wisatanya,”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar