Cerita Unik Pintu Kota Ambon - AnakDolan.com

Selasa, 22 Mei 2018

Cerita Unik Pintu Kota Ambon


photo ig @anakdolan

Ratusan perahu dan ribuan kapal besar tampak mendekati wilayah perairan Selatan Pulau Ambon. Para pedagang, penjelajah, dan masyarakat lokal beraktifitas dan saling terhubung dalam sebuah jalinan yang erat kaitannya dengan kehidupan pesisir serta lautan. Mereka saling bergantung dan siap untuk melabuhkan hidup mereka satu pesisir Pulau Ambon yang didahului dengan memasuki sebuah “landmark” yang bertajuk Pintu Kota Ambon.

Skema rekonstruksi seperti inilah kira-kira yang terbayang di benak saya ketika memasuki wikayah Pantai Pintu Kota Ambon. Obyek wisata ini terletak di Dusun Airlouw, Desa Nusaniwe, Ambon, Maluku dan berjarak sekitar 20 kilometer dari Pusat Kota Ambon. Letak obyek ini berada di selatan Pulau Ambon dan menghadap langsung ke wilayah lepas Laut Banda. Tapi menurut cerita masyarakat sekitar, zaman dulu memang pintu kota pernah menjadi tempat perdaganngan dari banyak kapal2 dari maluku dan banda. 



Pintu Kota merupakan salah satu pantai di daerah sekitar kota Ambon yang menyimpan keunikan tersendiri yaitu terdapatnya lubang besar yang menerobos tebing karang sampai tembus di kedua sisinya. Pada bagian karang yang berlubang tersebut apabila kita berdiri di pinggir pantai, maka kita dapat melihat laut secara langsung melalui lubang tersebut. Pantai Pintu Kota berbentuk teluk merupakan jenis pantai berkarang dan berbatu. Bagian bibir pantai yang berpasir hanya sedikit saja. Dulu katanya tempat ini dijadiin patokan buat kapal-kapal yang mau singgah ke Ambon, kalo udah liat pintu kota ini berarti ya udah sampe Ambon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar