Dari Tanah Keluar Asap, Setelah Digali Ternyata Situs Majapahit - AnakDolan.com

Senin, 15 Januari 2018

Dari Tanah Keluar Asap, Setelah Digali Ternyata Situs Majapahit

Dari Tanah Keluar Asap, Setelah Digali Ternyata Situs Majapahit
15 Januari 2018



BERITAPERISTIWA   

JOMBANGTV.COM – Ada peristiwa mistis dibalik penemuan situs peninggalan kerajaan Majapahit, di lokasi makam kuno, Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto. Dari dalam tanah sempat keluar asap putih, setelah dilakukan ritual oleh Mbah Tamim.

“Waktu itu saya ritual terus kelihatan seperti uap, terus saya nyuruh juru kunci bilang ke pak lurah entah ada apanya,” jelas Mbah Tamim, saat ditemui di lokasi, Senin (15/1) pagi.

Setelah dilaporkan ke Kepala Desa setempat, akhirnya oleh Mbah Tamim bersama warga dilakukan penggalian. “Yang ditemukan ini tumpukan batu bata merah, sumur sama batu yoni. Kemungkinan ini peninggalan kerajaan Majapahit,” katanya.

Sementara itu, dikonfirmasi terkait temuan tersebut, Hadi Tanoyo, Kepala Desa Sukosari, mengatakan bahwa lokasi penemuan situs ini berada di atas tanah milik Desa. Terkait keberadaan situs ini, diperkirakan sudah ada sejak dahulu dan baru ditemukan oleh warga. “Ini kayaknya buat sembahyangan umat hindu,” ujarnya.

Atas temuan tersebut, pihak Desa telah melaporkannya ke pihak BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Trowulan. “Harus dilestarikan ini, itu ada lingga yoni yang kemarin saya amankan sama masyarakat sama BPD disana harus tetep disana ngga boleh dipindah, karena itu ada pamornya,” papar Hadi.

Untuk menjaga kelestariannya dan menjauhkan dari tangan usil, di lokasi penemuan situs ini, dijaga oleh pihak kepolisian dan warga desa setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar