Melirik Keunikan Suku Bajo Indonesia. - AnakDolan.com

Rabu, 06 Desember 2017

Melirik Keunikan Suku Bajo Indonesia.




  Banyak yang bilang kalau Indonesia itu merupakan salah satu negara yang sangat kaya. Kaya apa ya? Katanya sih kaya akan sumber daya alamnya. Tapi yang menjadi pertanyaan adalah, kalau memang Indonesia itu punya sumber daya alam yang berlimpah, harusnya sih Indonesia bisa menjadi salah satu negara maju di dunia. Tapi nyatanya? Hal tersebut sepertinya hanyalah sebuah mimpi belaka.
.
ah sudahlah saya gak mau membahas Indonesia yang sangat luas dan kaya ini, kaki ku terhenti di tempa yang indah ini, iya masih di Bajo. Menemukan hal baru dan belajar dari kulture mereka sangat indah serat makna kehidupan, seperti photo ini saya akan bercerita tradisi yang masih tersimpan di suku bajo, "PENGOBATAN GUTTA" atau suku bajo menyebutnya Gurita. Ada yang aneh saat aku melihatnya karena ini tidak biasa dilakukan dan hanya waktu-waktu tertentu, allhamdullilah saya masih diberi kesempatan untuk melihat langsung prosesi pengobatan ini. Gutta nama nya di ambil dari nama binatang laut gurita, pengobatan yang dilakukan untuk anak kecil agar tegar dan kuat untuk menjalani hidup ini meski tanpa ada orang tua yang mendapingi mereka, merubah hidup dan menemukan jati diri dalam hidupnya inilah alasan pengobatan gutta.
.
Aku bertanya kenapa mama? anak itu harus di obati dengan cara gutta, atau mungkin dia sakit?
"mama : Tidak sakit tapi di baru di tinggal kedua orang tua nya meninggal dan kita tidak mau melihat dia murung dengan kesedihan. Kita inngin dia kuat dan menjadi pelaut yang bergguna untuk bangsa dan masyarakat.

.
Itulah cerita indah keunikan suku Bajo semogga kulture seperti ini terus terjaga dan kita bisa belajar dari ini, perpisahan adalah coretan cerita dan sekenario tuhan untuk mempertemukan yang lebih baik dan indah. Tuhan telah memberikan bumi dengan segala isinya untuk manusia. Keyakinan tersebut tertuang dalam satu Falsafah hidup masyarakat Bajo yaitu, ‘Papu Manak Ita Lino Bake isi-isina, kitanaja manusia mamikira bhatingga kolekna mangelolana‘, artinya Tuhan telah memberikan dunia ini dengan segala isinya, kita sebagai manusia yang memikirkan bagaimana cara memperoleh dan mempergunakannya. Sehingga laut dan hasilnya merupakan tempat meniti kehidupan dan mempertahankan diri sambil terus mewariskan budaya leluhur suku Bajo.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar