Selamatkan Edelweiss - AnakDolan.com

Sabtu, 12 Desember 2015

Selamatkan Edelweiss

@anakdolan
Rubrik Opini. Yuukk! berOpini sebentar untuk wawasan yang luas. Kali ini saya akan membahas sedikit tentang Bunga Edelweiss atau bunga abadi.
Pengunjung Gunung Bromo mungkin punya banyak pilihan cinderamata untuk dibawa
pulang. Salah satunya boneka lucu nan imut yang terbuat dari bunga edelweis. Padahal, bunga yang tumbuh dan besar di ketinggian gunung tersebut tergolong dilindungi.
Wisatawan yang naik ke Bukit Penanjakan, Tosari, Pasuruan akan lebih mudah menemukan penjual boneka dari bunga edelweis ini. Belasan penjual mondar-mandir menawarkan pada wisatawan yang tengah menikmati panorama sunrise.

Para penjual bunga edelweis di kawasan wisata Gunung Bromo kini tak hanya menjual edelweis dalam bentuk tangkai. Mereka mengkreasikannya menjadi aneka bentuk boneka cantik, diantaranya beruang, anjing dan kucing dengan harga yang relatif sangat murah, dan tidak menghiraukan status kepunahan bunga tersebut. Namun karna mereka beralasan bahwa bunga itu  merupakan tanaman liar yang senantiasa tumbuh secara alami di kawasann Gunung Bromo, aktifitas pengambilan dan penjualan pun masih dilakukan sampai saat ini. tentu saja ada motif ekonomi yang melatar belakanginya. Sebuah kisah dan keindahan di Gunung Bromo yang menyimpan ironi tentang Bunga Edelweiss dan para penjualnya.



Edelweiss adalah bunga abadi yang hanya bisa kita temui di dataran tinggi, indah nya bunga ini menjadi peminat bagi kita yang melakukan pendakian gunung. Namun sekarang ini bunga ini sudah menurun populasinya, ada baik nya yuk kita jaga sama2 agar bunga ini terlindungi dan bisa kita nikmati dengan anak cucu kita nanti.

Yuuk! berfikir dan lakukan yang terbaik buat Alam dan  Negeri ini. by anakdolan... Ayoo!! Dolan.

2 komentar: